Rabu, 29 Juli 2020

Pengguna Rujukan Bpjs Wajib Tahu 5 Tipe Rumah Sakit Ini

Sehat7a -  Saat ini di Indonesia memiliki rumah sakit yang beragam, ada beberapa hal yang membedakan antara rumah sakit. Bukan hanya berdasarkan rumah sakit tersebut milik pemerintah atau swasta saja, tapi juga dibedakan dari kelas-kelas atau tipe rumah sakit itu sendiri. Hal ini di lihat dari perbedaan-perbedaan pada fungsi, fasilitas dan penunjang medis atau pelayanan kesehatan.

Mungkin sebagian besar pengguna atau peserta BPJS yang pernah melakukan pemeriksaan kesehatan atau rawat inap di beberapa rumah sakit juga merasakan pemberian fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit berbeda-beda. Hal ini di karenakan adanya tingkatan rumah sakit yang sesuai dengan fasilitas yang mereka miliki.


Untuk itu, sangat penting rasanya bila setiap pengguna rujukan BPJS wajib tahu 5 tipe rumah sakit di Indonesia yang bekerja sama dengan BPJS. Tujuannya, agar mereka bisa memilih dengan tepat rumah sakit yang sesuai dengan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan, jika adanya rujukan saat melakukan pengobatan.

1. Rumah Sakit Tipe A
Rumah sakit tipe A merupakan pelayanan kesehatan rujukan tertinggi alias pusat. Rumah sakit yang juga disebut rujukan fasilitas kesehatan ( faskes ) tingkat tiga ini memberikan pelayanan yang lebih lengkap mulai dari yang umum, subspesialis hingga kedokteran spesialis oleh pihak pemerintah.

2. Rumah Sakit Tipe B
Pelayanan yang diberikan rumah sakit tipe B ini ada kedokteran medis spesialis luas dan subspesialis terbatas. Rumah sakit tipe B ini juga akan dijadikan sebagai pelayanan kesehatan rujukan dari setiap rumah sakit kabupaten.

3. Rumah Sakit Tipe C
Rumah sakit tipe C atau faskes tingkat dua ini memberikan pelayanan hanya kedokteran subspesialis, namun sifatnya juga terbatas, misalnya saja pelayanan penyakit dalam, bedah, kesehatan anak, bidan dan kandungan.

4. Rumah Sakit Tipe D
Rumah sakit yang termasuk tipe D ini hanya sebagai rumah sakit sementara atau transisi. Biasanya, jika pasien yang awalnya melakukan pemeriksaan di puskesmas kemudian dirujuk ke rumah sakit tipe D. Namun, jika dilihat pasien membutuhkan penanganan yang lebih lanjut, maka rumah sakit tipe D ini akan membuat surat rujukan ke faskes yang lebih tinggi.

5. Rumah Sakit Tipe E
Tipe E pada rumah sakit dikhususkan hanya memberikan satu pelayanan kesehatan saja, misal khusus jantung, paru, ibu dan anak, kanker dan sebagainya.

Sistem rujukan bpjs tangerang dan kota lainnya di mulai dari dari faskes 1 dan kemudian di rujuk ke rumah sakit jika di butuhkan. Jenis rumah sakit di atas yang perlu anda ketahui agar tidak salah memilih rumah sakit rujukan. Pilih Rumah Sakit Sesuai Kebutuhan sebagai rujukan bpjs tangerang jika anda berada di daerah tangerang, Kebanyakan orang saat ini hanya mengandalkan jarak terdekat saja dalam memilih rumah sakit rujukan pasien BPJS, padahal belum tentu memiliki pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Hal ini tentunya akan membuat buang-buang waktu dalam pengobatan. Sebaiknya, jika salah satu peserta BPJS perlu dirujuk ke rumah sakit, pastikan terlebih dahulu ada pelayanan kesehatan yang dibutuhkan atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar